Ketentuan Umum Perkuliahan
Matakuliah: Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika
(3 sks)
1. Perkuliahan direncanakan 14 kali tatap muka.
2. Presensi kehadiran: boleh tidak masuk dengan alasan apapun maksimal 3 kali (tanpa toleransi).
3. Metode Pembelajaran: Menyesuaikan.
4. Sumber Belajar: Text Book & sumber lainnya (internet, dll).
5. Penilaian:
a. Tugas terstruktur mandiri (Kelompok/Individual).
b. Ujian Tengah Semester.
c. Ujian Akhir Semester.
d. (Perlakuan Khusus-situasional dan kondisional).
Pertemuan ke-1:
a. Pengertian Pengukuran dan Penilaian.
b. Tujuan Evaluasi
Pertemuan ke-2, ke-3, ke-4:
1. Bentuk Pelaksanaan Ujian
a. Tertulis
b. Lisan
c. Keterampilan
2. Jenis-jenis tes
a. Tes Uraian
b. Tes Objektif
c. Kelemahan dan kelebihan masing-masing tes
Pertemuan ke-5, ke-6, ke-7:
Pengembangan Instrumen Tes
a. Menentukan Spesifikasi tes
b. Membuat Kisi-kisi tes
c. Membuat Instrumen Tes
d. Analisis Butir Soal
e. Tingkat/taraf kesukaran
f. Daya Pembeda
g. Koefisien Reliabilitas
h. Koefisien Validitas
i. Distraktor/pengecoh
Pertemuan ke-8, ke-9:
Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas (PBK)
a. Penilaian Portofolio
b. Penilaian Kinerja
c. Penilaian Proyek
d. Penilaian Produk
Pertemuan ke-10, ke-11:
1. Analisis instrumen
a. Program Excel
2. Pendekatan Penilaian
a. Penilaian Acuan Norma
b. Penilaian Acuan Kriteria
Pertemuan ke-12, ke-13, ke-14:
1. Pengembangan Instrumen Non Tes
a. Penentuan Variabel
b. Menentukan kisi-kisi
c. Menyusun butir
2. Analisis Instrumen Non Tes
a. Reliabilitas
b. Validitas
3. Penentuan Grade
a. Dengan Aturan
b. Dengan Pendekatan Norma
4. Mengolah Skor
a. Mengolah Skor dari tes uraian
b. Mengolah skor dari tes objektif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar